Sabtu, 15 Oktober 2011

I LOVE COMICS


Nah, ketemu lagi deh sama saya J..
Setelah membaca postingan ketiga, pasti pada penasarankan sama postingan keempat saya?
Okeey langsung aja ya J..

©      Aliran Komik
Nah, kita telah mengenal pengertian komik dan sejarah perkembangan komik di Indonesia, tentunya masih banyak lagi yang belum kita ketahui kawan.. Ternyata di Indonesia, komik terdapat 4 aliran, yaitu Aliran Amerika, Aliran Jepang, Komik Independen dan Komik Internet..
Wah, waah..lumayan banyak juga yaa versi komik di Negara kitaa??
Penasaran tentang aliran-aliran tersebut? Tenang aja, jangan kemana-kemana ya kawan..karena di sini akan kita kupas tuntas bersama J.

©      Aliran Amerika
Komikus yang memilih style ini kebanyakan memang mereferensikan karya mereka pada komikus-komikus Amerika. Sebagian dari mereka bahkan ada yang bekerja untuk produksi komik Amerika. Beberapa komikus yang bisa dikatakan beraliran gaya Amerika antara lain Donny Kurniawan dan Alfa Roby

©      Aliran Jepang
Komikus yang menggunakan aliran ini sangat diuntungkan dengan berkembangnya komunitas di Internet. Beberapa situs seperti julliedillon.net, howtodrawmanga.com, dan mangauniversity memuat banyak informasi pembuatan manga. Hal ini juga membuat ciri utama komikus Indonesia dengan aliran gambar Jepang, yaitu kebanyakan nama pengarangnya disamarkan dengan nickname masing-masing di dunia maya. Kemungkinan hal inilah yang menyebabkan sulitnya mengetahui jumlah tepatnya komikus lokal. Beberapa pengarang komik yang aktif mengeluarkan karya dengan gaya ini adalah: Anthony Ann (Sentimental Amethyst), Anzu Hizawa, Is Yuniarto dan John G.Reinhart.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar